Priyo Adi Wicaksono – 190.06.060

Oktober 19, 2008

Nuclear Natural Recycle

Filed under: Uncategorized — kiamatsudahdekat @ 7:08 am

Tempat Alami Daur Ulang Limbah Radio Aktif (Nuklir Fisi)

 

Nuklir adalah sebuah penemuan yang paling fenomenal di awal abad 20. Dalam teori fisika, reaksi fisi nuklir merupakan reaksi pemecahan inti atom akibat tabrakan oleh inti atom lainnya, dan menghasilkan energi sesuai dengan rumus E=mc2 dan atom-atom baru yang memiliki masa lebih kecil. Isotop yang lazim digunakan adalah Uranium-235 (U-235) dan Plutonium-239 (Pu-239). Berikut adalah secara singkat kalkulasi reaksi kimia berantai:

 

neutron  +  U-235  -> (atom-atom unsur yang lebih kecil) + 2.52 neutron + 180   MeV

neutron  + Pu-239  -> (atom-atom unsur yang lebih kecil) + 2.95 neutron + 200   MeV

(Wikipedia)

 

Melihat data diatas, hasil reaksi fisi nuklir tersebut, menghasilkan energi yang luar biasa besar. Bayangkan apabila jumlah energi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang aman. PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) merupakan salah satu solusi yang jitu untuk menyelesaikan permasalahan krisis listrik dalam negeri. Namun, hal tersebut mengundang kontra, rencana pemerintah untuk membangun reaktor nuklir pada beberapa lokasi seperti Gunung Muria (Jepara, Jawa Tengah), Palau Madura (Jawa Timur), dan Banyuwangi (Jawa Timur), masyarakat di lokasi yang dipilih, mati-matian menolak rencana pemerintah tersebut. (Media Indonesia 18/09/2007). Dapat disimpulkan, di dalam benak masyarakat kita sudah tertanam, nuklir itu berbahaya. Itu tak salah. Negara pengguna reaktor nuklir di Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat masih pusing memikirkan tempat pembuangan sampah nuklir mereka. Sampah radioaktif bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit mematikan.

 

Hal tersebut menggelitik pemikiran saya yang sangat mungkin saja salah, tentang bagaimana cara atau tempat pembuanagan maupun daur ulang limbah radio aktif yang aman dan alami. Saya teringat pernah mendengar ajaran dalam agama Islam tentang tempat daur ulang yang alami yakni di dalam perut Bumi. Ya, di dalam perut Bumi merupakan tempat paling panas yang suhunya mencapai antara 1000-4300ºC. Dengan suhu setinggi itu, berbagai macam mineral bercampur menyerupai cairan yang bernama magma. Andaikan saja limbah radio aktif tersebut dimasukkan ke dalam magma itu, kemudian limbah tersebut dapat melebur dan bercampur atau bersenyawa dengan mineral lainnya yang terdapat dalam magma. Maka dengan proses seperti itu, mungkinkah masalah limbah radio aktif dapat terpecahkan dan menjadikan PLTN sebagai solusi terbaik penyedia listrik dalam negeri?

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: