Priyo Adi Wicaksono – 190.06.060

Desember 16, 2008

Paket Penyelamatan Ekonomi Dunia

Filed under: Uncategorized — kiamatsudahdekat @ 12:50 am

Sistem Ekonomi Kapitalis

 

Sistem ekonomi Kapitalis dibangun di atas 3 pilar utama, yang meliputi: sistem Perseroan Terbatas (PT) —yang di dalamnya memperjualbelikan saham—, sistem bank ribawi dengan suku bunga sebagai ciri utamanya serta standar mata uang kertas inconvertible (kurs). Keberadaan ketiga sistem ini mengakibatkan terciptanya dua macam pasar dalam sistem ekonomi kapitalis, yaitu: Pertama, adalah pasar yang mewakili ekonomi riil, tempat produksi dan pemasaran bagi barang dan jasa riil berlangsung. Di sektor inilah terjadi peningkatan ataupun penurunan kualitas hidup masyarakat yang sesungguhnya, tempat manusia beraktivitas memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya secara riil. Di sektor ini, manusia harus melakukan aktivitas produktif (menghasilkan barang dan atau jasa secara riil) untuk mendapatkan penghasilan.

 

Kedua adalah ekonomi non riil atau sektor moneter, yang merupakan ekonomi parasit tempat berlangsungnya penjualan dan pembelian berbagai macam kertas berharga. Kertas-kertas ini dianggap sebagai kontrak yang mengikat, cek ataupun sekuritas yang mewakili hak yang dapat ditransfer dan diperjualbelikan oleh satu pihak kepada pihak yang lain. Ini semua tidak punya kaitan apapun dengan ekonomi riil. Parasit ekonomi ini telah berkembang sampai pada titik yang nilai transaksinya telah melampaui transaksi yang terjadi dalam ekonomi riil. Padahal dalam sektor ini, manusia tidak perlu melakukan aktivitas produktif (menghasilkan barang dan atau jasa secara riil) untuk mendapatkan penghasilan. Sehingga bisa dibayangkan, laju pekembangan ekonomi yang meningkatkan taraf hidup masyarakat secara riil akan sangat terhambat dalam kondisi seperti ini.

Dikutip dari: http://wido2b.wordpress.com/2008/11/20/saham-bunga-dan-kurs-mata-uang-dalam-pembangunan-ekonomi-dan-tinjauan-syariah/

 

Nah, dari kutipan diatas, kita dapat mengetahui dasar-dasar yang membangun sistem ekonomi kapitalis. Kreatifitas yang besar dalam membangun sistem perekonomian dunia sangat berhasil dalam merangkul seluruh kekuatan ekonomi setiap negara. Yang akhirnya hanya akan menguntungkan sebagian pihak saja.

 

Sekarang, sistem perekonomian kapitalis sedang dilanda depresi berat. Untuk menyelamatkan perekonomian dunia saat ini memang dibutuhkan ide-ide yang revolusioner dalam penyelesaian masalah tersebut. Sistem bank berbunga dan sistem mata uang kertas inconvertible juga harus dihilangkan dan dikembalikan kepada standar mata uang emas dan perak. Hal ini akan mengakhiri inflasi moneter yang menakutkan dan masalah pinjaman bank berbunga. Dan sebiknya digantikan dengan sistem ekonomi yang adil seperti sistem ekonomi syari’ah. Karena hanya dengan cara-cara itulah situasi ekonomi dunia saat ini akan dapat distabilkan dan krisis finansial akan dihilangkan. Alasan untuk memiliki bursa uangpun akan hilang dan krisis ekonomi pun akan terselesaikan.

Daftar Kepustakaan

1.Al-Qur’an al-Karim.

2.Al-Maliki, ‘Abdurrahman. as-Siyasah al-Iqtisadiyyah al-Muthla. 1963. t.p.

3.An-Nabhani, As Syeikh Taqiyuddin (1991), Membangun Sistem Ekonomi Alternatif (terj.), Risalah Gusti, Surabaya.

4. Al-Wa’ie, No.25 Tahun III, 1-30 September 2002.

5. Dialog CSIC, Tahun II, No.5, Oktober-Desember 1998.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: