Priyo Adi Wicaksono – 190.06.060

Desember 16, 2008

Seputar Politik

Filed under: Uncategorized — kiamatsudahdekat @ 1:04 am

Golput (Polongan Putih) Merajalela?

 

Saat saya menulis artikel ini, di TVOne program Cover Story hari senin tanggal 15 Desember jam 8 malam, mengangkat tema “Golput Haram?” serta mengapa golput mengancam pemilu 2009? Hal tersebut diungkap oleh salah satu pemirsa cover story, yang pendapatnya adalah masyarakat bingung akan siapa tokoh yang pantas untuk dipilih rakyat. Mengingat saat ini lebih dari 25 partai politik akan meramaikan pemilu 2009. Jadi, menurut saya, untuk sekarang ini wajar sekali banyak masyarakat yang akan memutuskan untuk tidak memilih atau golput.

 

Salah satu narasumber dari partai Demokrat menyatakan bahwa golput itu ada penyebabnya, sehingga penyebab tersebut harus segera diatasi oleh masing-masing partai politik dengan cara dapat mempersuasi masyarakat luas untuk paling tidak memeilih atau ikut berpartisipasi untuk mensukseskan pemilu.

 

Saya kemudian berfikir bagaimana bila partai politik seharusnya tidak berbasis secara nasional, namun secara kedaerahan; sehingga masyarakat yang terpencil sekalipun dapat mengenal atau setidaknya mengetahui siapa saja wakil rakyat yang berasal dari daerah tersebut. Mungkinkah pemilih yang golput akan berkurang?

 

Jadi, saya pikir setiap daerah di Indonesia setidaknya memiliki partai politik, kemudian partai politik daerah tersebut memperebutkan kursi DPRD daerah tersebut. Selanjutnya, untuk proses pemilihan gubernur atau walikota atau sederajat pejabat daerah akan berdasarkan pemilihan kedaerahan yang akan diorganisir oleh KPUD dan dilantik oleh DPRD selayaknya pemilihan presiden yang diorganisir oleh KPU dan dilantik oleh DPR. Yang mana, gubernur akan setara dengan DPRD selayaknya presiden setara dengan DPR.

 

Selanjutnya, kursi DPR di pusat akan diisi oleh setiap perwakilan DPRD dari daerah sehingga masyarakat dari Papua misalnya dapat mengintervensi atau ikut menyelesaikan permasalahan di Aceh begitu juga sebaliknya.

 

Dengan demikian, saya harapkan keadilan secara politik dapat merata di seluruh penjuru nusantara dan juga golput akan berkurang.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: