Priyo Adi Wicaksono – 190.06.060

Desember 16, 2008

Uang Kertas: Sebuah Solusi Kepraktisankah?

Filed under: Uncategorized — kiamatsudahdekat @ 12:56 am

FIAT MONEY

 

            Henry Ford : “Bila bangsa Amerika mengetahui asal-usul uang negara mereka, maka besok akan terjadi revolusi besar-besaran”. Henry Ford sendiri adalah pendiri perusahaan mobil Ford dan salah satu tokoh terpenting dalam sejarah Amerika modern. Mengapa orang sehebat ini menyatakan hal ini? pasti ada penyebabnya.

            Dahulu kala orang mengenal uang dalam berbagai bentuk, diantaranya adalah kulit kerang, garam dll. Alat tukar ini pada prakteknya mudah mengalami kerusakan dan tidak tahan lama. Akhirnya setelah ditemukan emas, maka emas menjadi alat tukar yang paling sempurna dan dipakai lebih dari 12 abad. Fakta yang mengejutkan adalah bahwa emas adalah material yang langka sehingga sangat sesuai menjadi alat tukar dan produksinya selalu mengikuti produksi sektor riil sehingga nilainya stabil.

Bencana terjadi ketika uang kertas diperkenalkan oleh Yahudi melalui ksatria templar pada saat perang salib, dimana peziarah yang membawa emas harus menitipkan emasnya pada mereka dan peziarah diberikan surat jaminan dan dapat mencairkan emasnya kembali setelah sampai di kota yang dituju, tentunya dengan potongan pelayanan dengan besaran tertentu. Surat jaminan inilah yang merupakan cikal bakal uang kertas.

            Dari dulu uang kertas berfungsi untuk menjamin bahwa seseorang memiliki emas dengan jumlah tertentu, namun ketamakan segelintir manusia yang memegang kekuasaan atas pencetakan uang mulai mencetak uang dengan seenaknya tanpa memiliki jaminan emas. Artinya uang bisa dihasilkan dari ruang hampa hanya perlu bermodalkan mesin pencetak. Inilah penyebab inflasi karena uang terlalu banyak beredar di masyarakat.

            Perlu diketahui bahwa setiap kali bank sentral suatu negara mencetak sejumlah uang, maka pada saat itu juga masyarakat suatu negara bertambah miskin akibat inflasi, sedangkan pihak yang mencetak uang dapat semaunya membeli barang atau jasa tanpa perlu bersusah payah. Bayangkan hasil bumi suatu negara yang sulit diproduksi dapat dibeli hanya dengan kertas jaminan (utang) yang tidak bernilai. Sungguh ini merupakan sistem yang tidak adil yang menyengsarakan umat manusia.

Dikutip dari: http://amerikanuddin.wordpress.com/2008/11/19/three-pilars-of-satanic-finance/

 

Kutipan diatas menjelaskan kreatifitas sekelompok orang yang mencetuskan untuk menggantikan logam yang memiliki nilai intrinsik yang sebanding dengan nilai uang tersebut. Bisakah hal ini disebut “kreatifitas yang merusak?” ataukah “kratitifitas yang fenomenal?”

Iklan

2 Komentar »

  1. wow, ternyata ada yang ngutip tulisan gw.. jadi bangga juga nih hehe.. oya priyo please visit my other blog http://www.thetruth4world.wordpress.com
    bila tertarik lebih lanjut tentang konspirasi uang dan kerusakan2 yang ditimbulkan oleh fiat money. mengenai kreatifitas yang merusak atau fenomenal, anda coba cari tau sejarah uang dan silakan menilai sendiri apakah uang kertas baik atau buruk bagi umat manusia. Nama saya Amerikanuddin alumni ITB angkatan 2001 jurusan teknik fisika (maaf telat memperkenalkan diri).

    Komentar oleh thetruth4world — April 2, 2009 @ 3:40 am | Balas

    • salam kenal mas Amerikanuddin, mohon maaf dulu nih sebelumnya saya mengutip tanpa meminta izin terlebih dahulu..
      berhubung saya juga masih bingung dalam ber-blogging.. karena blog saya ini hanya sebagai tugas perkuliahan..
      terima kasih mas atas perhatiannya.. ^^

      Komentar oleh kiamatsudahdekat — November 20, 2009 @ 7:58 am | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: